Tanda Muntah yang Tidak Normal pada Bayi dan Penyebabnya

Mengeluarkan muntah bagi bayi merupakan kondisi yang biasa terjadi terlebih ketika selesai menyusui atau minum susu. Namun jika muntah terjadi berulang kali dan berwarna serta memberikan dampak pada bayi maka Anda perlu mengkhatirkan dan segera membawa bayi ke dokter. Berikut tanda-tanda muntah yang tidak normal terjadi pada bayi.


Apa Sajakah Tanda-Tanda Muntah yang Tidak Normal?

Bayi mengeluarkan muntah yang berwarna kuning kehijauan. Muntah dengan warna ini menandakan bahwa bayi Anda mengalami gangguan pada ususnya. Bayi terlihat sangat sakit ketika mengeluarkan muntah dan diringi dengan pembengkakan pada bagian perut.

Bayi mengalami muntah dengan jumlah lebih dari sekali setelah mengalami cedera. Muntah ini bisa jadi menandakan bahwa cedera yang dialami memberikan dampak buruk pada bayi dengan terjadinya kemungkinan gegar otak.

Bayi mengalami muntah berdarah secara terus-menerus dan berlangsung dalam waktu yang lama. Bayi mengeluarkan muntah yang diiringi dengan menguningnya kulit dan bagian matanya yang menandakan bayi mengalami sakit kuning.

Bagaimana Cara Mengatasi Muntah yang Tidak Normal?

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi muntah yang tidak normal yaitu membuat bayi tidak dehidrasi. Sebelum dibawa menemui dokter, Anda bisa menidurkan bayi agar tidak terlalu lemas karena energinya yang terbuang. Anda juga bisa menggunakan minyak angin pada bagian perut, dan punggung bayi untuk memberikan rasa nyaman dan tenang.

Ada banyak jenis minyak penghangat yang tersedia untuk mengatasi mual dan muntah pada bayi Anda. Anda bisa memilih aroma yang sesuai dengan kebutuhan. Minyak penghangat yang aman untuk bayi bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan bayi secara online di Orami. Anda dapat membelinya dengan harga diskon lebaran 2018 hingga 25%.

Setelah usai bertemu dokter dan diberikan obat, Anda sebaiknya memberikan makanan kepada bayi atau ASI dengan bertahap atau sedikit-sedikit agar bayi tidak mengalami muntah. Anda perlu hati-hati dalam pemberian makanan kepada bayi karena dapat menyebabkan keracunan yang membuat bayi mengalami muntah tidak normal.

Apa Penyebab Terjadinya Muntah yang Tidak Normal?

Ada beberapa penyebab yang membuat terjadinya muntah tidak normal pada bayi Anda yaitu bayi mengalami keracunan makanan. Bisa juga disebabkan bayi terinfeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan atau telinga. Bayi Anda mengalami pneumonia dan radang usus buntu.

Terjadinya stenosis pylorus yaitu kondisi cincin otot antara lambung dan usus terlalu tebal sehingga menutup jalur ke lambung yang menyebabkan makanan tidak dapat lewat. Bayi Anda mengalami meningitis.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab muntah pada bayi dari risiko rendah hingga tinggi bisa saja terjadi. Agar hal ini dapat dihindari maka Anda perlu memperhatikan kebersihan lingkungan, kebersihan rumah dan juga anak Anda. Ketika sudah bersih maka kesehatan akan terjaga yang kemudian akan melestarikan keturunan dengan penuh bahagia.